Pinterest merupakan salah satu media sosial visual yang cukup banyak penggunanya di seluruh dunia. Kamu bisa memanfaatkan media sosial pinterest untuk kepentingan promosi dan pemasaran bisnis mu yang baru. Apalagi buat kamu yang mengembangkan bisnis online, perlu untuk memperkenalkan produk barang atau jasa milikmu melalui Pinterest ini
Kita tidak akan bahas sejarah dan pencipta pinterest, karena kamu pastinya bisa mencarinya di internet dan mungkin kita akan bahas pada kesempatan selanjutnya. akan tetapi kita akan fokus bagimana cara memanfaatkan media ini untuk kepentingan bisnis kita? Bisakah kita mengembangkan usaha dengan mengandalkan media sosial pinterest? Mari simak pembahasannya dibawah ini :
Cara Bisnis Dengan Social Media Pinterest |
Buat konten yang menawan
Tampilan visual adalah salah satu faktor utama banyaknya orang menyukai Pinterest. Faktanya, dalam sebuah studi Pinterest, 85% orang pengguna lebih mementingkan visual daripada teks didalamnya. Tetapi itu tidak berarti Kamu harus menguransi kualitas pada CopyWriting mu. Pin mu juga harus dirancang untuk memenuhi semua aspek, termasuk gambar dan teks yang berkualitas
Baca juga : Cara Download Gambar Pinterest di iPhone dan Android
Faktor PIN Berkualitas
Beberapa hal yang bisa kamu perhatikan untuk membuat PIN yang banyak disukai follower mu antara lain :
- 85% Pinners menggunakan perangkat seluler. Potret rasio aspek 2: 3 sehingga gambar mu tidak terpotong, dan bidik kualitas tertinggi
- Teks deskriptif yang informatif, yaitu beri tahu orang lain apa yang mereka lihat, dan bujuk mereka untuk mau belajar lebih banyak
- Selera dan Penilaian, yaitu sertakan logo mu supaya brand mu bisa berkembang lebih baik
- Penjelasan yang menarik, Setelah Kamu mengaitkan orang, tunjukkan betapa menariknya konten yang kamu hasilkan
Publish Secara Konsisten
Pinterest merekomendasikan untuk menyematkan konten yang diupdate setiap hari. Ini lebih efektif daripada membuat papan dan mengisinya sekaligus. Pinning secara teratur memastikan konten mu akan menjangkau khalayak yang lebih luas.
Kamu dapat menjadwalkan Pin di Pinterest atau Hootsuite untuk memastikan akun mu tetap konsisten. Manfaatkan Wawasan follower untuk menentukan kapan konten mu mendapat keterlibatan pelanggan yang terbanyak. Cara terbaik untuk mem publish adalah ketika sebagian besar follower mu Kamu sedang online
Merencanakan Konten Trend
Orang-orang yang suka membuat rencana untuk membuat konten viral, tentunya akan mendapatkan follower lebih banyak. Itu berarti kamu harus menjadi perencana yang lebih baik. Pinterest merekomendasikan berbagi konten yang akan TREND 30-45 hari sebelumnya.
Tidak heran, konten yang tepat akan menghasilkan peningkatan follower, pin dan view m. Menurut Pinterest, pin yang dipromosikan selaras dengan momen musim dan trend menunjukkan peningkatan 22% dalam penjualan online
Lihatlah Konten Musiman di Pinterest untuk mendapatkan inspirasi. Pilih hari libur di mana Kamu dapat membuat konten, dan pastikan untuk menggunakan kata kunci yang tepat demi meraih pelanggan yang baru
Gunakan BOARD untuk terhubung dengan Pinners
Berikan Pinners alasan untuk mengikuti BOARD Pinterest mu. Buat serangkaian tutorial atau DIY. Atau susun BOARD yang diisi dengan testimoni para pelanggan yang sudah menggunakan produk mu
Seperti yang dijelaskan perusahaan dalam deskripsinya, BOARD adalah ruang yang bisa mengumpulkan para influencer dan mitra untuk berbagi konten tentang mereka. Aturan untuk partisipasi dinyatakan dengan jelas, termasuk batasan berapa banyak pin yang dapat ditambahkan per harinya
BOARD pada pinterest sekarang memiliki lebih dari setengah juta pengikut dan lebih dari 2.500 pin — lebih dari enam kali lipat jumlah BOARD lainnya. Pinterest baru-baru ini meluncurkan fitur BOARD untuk grup baru, sehingga Kamu dapat dengan mudah bereaksi terhadap posting yang dibagikan anggota grup
Optimalkan SEO Pinterest
Pinterest adalah mesin pencari visual, sama seperti mesin pencari mana pun, kata kunci adalah dasar untuk penemuan konten di Pinterest. Inilah sebabnya mengapa penting untuk menggunakannya BOARD dan PIN yang sesuai dengan nama dan deskripsi. Tagar juga berguna, terutama karena Pinners dapat mengikuti apa yang mereka minati.
Selain melakukan penelitian kata kunci yang baik, ada beberapa hal yang dapat Kamu lakukan untuk mengoptimalkan SEO di Pinterest. Dari menyematkan konten dari situs web mu hingga meningkatkan keterlibatan
Rancang Strategi Konten
Hampir semua pencarian Pinterest tidak berdasarkan Brand. Berarti ada banyak peluang bagi brand untuk ditemukan — terutama ketika konten yang kuat dan strategi SEO yang maksimal diterapkan.
Strategi konten yang bagus perlu diaplikasikan Seperti yang disarankan Pinterest, kamu harus, Membangun strategi yang membawa konsumen dari kesadaran untuk membeli. Setelah Pinner menunjukkan minat, konten mu harus membawanya melalui pemasaran, mulai dari minat hingga keputusan untuk membelinya
Saluran Media Sosial
Dalam Pinterest, brand harus terhubung kembali dengan Pinners yang terlibat dengan cepat. Hasil studi Oracle Data Cloud baru-baru ini menunjukkan bahwa, ketika mengunjungi barang kemasan konsumen, Pinners lebih mungkin untuk mencoba produk baru dalam 10 bulan peluncurannya. Sehingga memiliki media sosial yang lain dan saling terhubung akan sangat bermanfaat
Target Pinners yang Tepat
Cara efektif lain untuk mengoptimalkan akun Pinterest mu adalah dengan beriklan. Pinterest memungkinkan pengiklan untuk menargetkan iklan di sekitar kata kunci, minat, lokasi, usia, dan demografi lainnya. Pelajari semua yang perlu Kamu ketahui tentang iklan Pinterest. Buat Pinners mudah untuk berbelanja. Pinners, seperti yang kita tahu, suka berbelanja. Jadi, buat mereka mudah.
Salah satu cara untuk melakukan ini adalah dengan pin Shop the Look. Pin ini merampingkan proses ritel online dan memungkinkan orang mengklik dekorasi rumah tertentu atau barang mode yang menarik minat mereka. Tautan membawa mereka langsung ke halaman produk sehingga mereka dapat membeli sesuatu secara lebih cepat dan efektif.
Pinterest juga memperkenalkan tab Toko untuk profil bisnis. Tab khusus ini memungkinkan Pinners untuk berbelanja produk perusahaan langsung dari profil mereka. Meskipun masih baru, itu menunjukkan janji untuk menjadi titik penjualan yang efektif untuk bisnis.
Kata penutup
Bagaimana? apakah kamu tertarik untuk memulai bisnis mu dengan mamanfaatkan media sosial PINTEREST? jika iya, maka kamu bisa memulai dan mengembangkna bisnis mu dengan menerapkan beberapa tips sederhana diatas. apabila ada yang ingin bertanya, silahkan komentar dibawah dan jangan lupa untuk membagikan postingan ini di sosial media kalian ya, terimakasih sudah berkunjung di blog ini.
Comments
Post a Comment